Kata Pengantar
Assalamulaikum Wr.Wb.
Amin
ya robbal alamin, segala Puji dan Syukur selalu tetap tercurahkan kepada-Nya,
sehingga pada kesempatan kali ini kami dapat menyelesaikan laporan ini tanpa
ada suatu halangan apapun. Tak hanya dukungan dari orang tua tetapi kepada
dosen dan sahabat yang selalu mendorong saya hingga selesailah makalah ini.
Saya
menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya, sehingga kepada pembaca
saya mohon maaf jika ada salah kata ataukah belum semaksimal yang diharapkan
karena saya menyadari saya hanya manusia dan masih dalam tahab belajar. Namun,
saya berharap kekurangan itu tetap akan bermanfaat bagi para pembaca dan
menambah secarik ilmu yang akan bermanfaat bagi saya ataupun bagi pembaca
“amin”.
Adapun
tujuan observasi ini adalah sebagai salah satu agenda kegiatan yang harus
ditempu dalam rangka menyelesaikan studi perkuliahan.
Karena
kita tak mungkin ibarat bayi baru lahir dia bisa langsung berjalan, butuh
proses dan waktu yang panjang yang kadang kala sering mengalami jatuh bangun
yang amat sakit. Begitu pun saya yang masih tahap awal sebagai pembuat makalah
yang nantinya akan menjadi syarat atas mata kuliah Sejarah peradaban Islam.
Demikian
pengantar singkat dari saya, Terima Kasih
Wassalamualaikum
Wr.Wb.
Bantul, 23 Mei 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam melakukan pembelajaran dalam bidang keagamaan setiap sekolah
dasar pasty selalu menanamkan nilai-nilai agama apalagi sekolah dasar yang
berbasis islami, pastilah mata pelajaran agama yang diajarkan juga lebih
banyak. Disini seorang guru akan berperan penting dalam proses pembelajaran
dimana setiap guru mempunyai metode masing-masing dalam mengajarkannya. Begitupun
seorang siswa, setiap siswa mempunyai kemampuan masing-masing. Ada yang seorang
murid itu mempunyai kemampuan yang sangat cepat mengkap pelajaran ada juga yang
lambat. Pelajaran agama sangatlah penting karena tak hanya sebagai pedoman dasar
bagi anak-anak tapi juga sebagai membentukan akhlak dimna pada masa ini umur
anak yang masih dini cepat untuk menangkap sesuatu yang bisa dimnfaatkan
sebagai bahan penanaman nilai-nilai agama.
Maka disini kami mahasiswa jurusan
Pendididkan Agama Islam melakukan sebuah observasi
yang merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui
bagaimana cara mengajar yang baik di Sd Al-Muhsin 1 untuk memenuhi tugas mata kuliah Filsafat Ilmu. Dengan adanya
observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar
suatu pembelajaran. Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat
memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika
sudah mengajar kelak.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana proses pembelajaran di SMK.
2.
Bagaimana metode mengajar yang
efektif.
3.
Bagaimana menjadi guru yang baik.
C.
Tujuan
1. Mengetahui proses pembelajaran di SMK.
2. Mengetahui
metode dan strategi mengajar yang tepat.
3. Mengetahui
cara menjadi guru yang baik.
D. Manfaat observasi
Setelah melakukan observasi di
Sekolah Dasar diharapkan kita dapat memahami bagaimana cara mengajar yang benar
dan mengaplikasikannya ketika kita menjadi guru dimasa yang akan datang.
E.
Metode
Metode
yang digunakan dalam penyusunan laporan observasi adalah observasi langsung dan
wawancara.
BAB
II
HASIL
OBSERVASI
A. Profil
Sekolah
1.
Nama Sekolah : MI Al-Muhsin 1 Krapyak
2.
Alamat : Jl.Parangtritis KM 35 Krapyak Wetan,
Tromol Pos
3.
Telp : (0274)9317289
4.
Visi
Ungggul dalam Prestasi, Berjiwa
Qurani, dan Berkepribadian Indonesia
Misi
a.
Mengoptimalkan KBM baik
Intrakulikuler maupun Ekstrakuliluler.
b.
Menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan tentang Teknologi Informatika.
c.
Membiasakan diri untuk selalu
berakhlakul karimah.
d.
Memberikan keteladanan dalam
beribadah di Madrasah.
e.
Memberdayakan kegiatan yang bisa
memberdayakan potensi Lokal.
5.
Tujuan Sekolah
a.
Tercapainilai rata-rata kelas
minimal 75 untuksemuamatapelajaran
b.
Memilikisiswa yang mandiri,kreatif,
berwawasanluas, berdayapikirdanbergayahidupsehat
c.
Memilikisiswakelas 4 hafaljuz 30
denganlancar
d.
dll
6.
Fasilitas Sekolah
a.
Ruang Kelas
b.
Masjid
·
Mukena, sajadah dan Sarung
c.
Lab.Komputer
·
Komputer dan Kipas Angin
·
Meja dan Kursi
d.
Ruang kantor
·
Meja, Kursi, Almari buku, Komputer,
struktur sekolah, dan Buku-buku.
e.
Klinik Kesehatan
·
Tempat Tidur, obat-obatan, kamar
Mandi dll
f.
Tempat Bermain
·
Lapangan, net voli dll
g.
Perpustakaan
·
Meja, Kursi, Rak Buku, Jam Dinding,
dan Kipas Angin
h.
Mini Market
7.
Program Ektra
a.
Tahfidz Jus Amma
b.
Renang
c.
Qiroati
d.
Hadroh
e.
Informatika
B. Observasi
Guru
1.
Identitas Narasumber : Bp.Sugiarto.S.Pd.I, M.Ag
2.
NIP :
-
3.
Tempat, tanggal lahir :1976030520021202008
4.
Alamat : Semarang, 7 Maret 1976
5.
Guru :
Karang Anyar Utara No. 74 Semarang
C. Pelaksanaan
Observasi Kelas
1.
Tempat : MI Al-Muhsin 1 Krapyak
2.
Kelas : Kelas V (lima)
3.
Jumlah Peserta Didik : 15 siswa hadir
1 siswa tidak hadir
4.
Waktu : 08:00-09:15 (45 menit)
D. Fasilitas
Kelas
White board, Meja, Kursi, tempat
Sampah, Struktur Kelas, Kalender, Lemari, Jam Dinding, Peralatan ATK
E. Struktur
Kelas
Ketua : Nana
Wakil Ketua : Riski
Sekertaris : Hilmi
Bendahara : Rahel
F. Kegiatan
Belajar
Metode yang digunakan yaitu dimana
guru menjelaskan tentang materi yang akan diberikan setelah itu guru memberikan
waktu dimana murid bertanya dan guru juga memberikan pertanyaan sehingga guru
mengetahui seorang murid sudah faham atau belum.
1.
Kegiatan Awal
a.
Kegiatan diawaling dengan berdo’a
b.
Setelah itu setiap siswa diwajibkan
membaca asmaul husna dikelas sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
c.
Pembacaan Asmaul Husna dipimpin oleh
Ketua Kelas
d.
Kegiatan berlangsung selama 30 menit
(07:00-07:30)
2.
Kegiatan pembelajaran
a.
Sesudah asmaul husna kegiatan
belajar yang diberikan berupa dua mata pelajaran dari jam 07:30-09:15
b.
Sebelumnya para siswa dan guru
melakukan persiapan sebelum KBM seperti menyapu dan merapikan buku-buku.
c.
Guru mengkondisikan murid.
d.
Selanjutnya guru menjelaskan marri
yang sedang belansung dan sesekali murid bertanya, selain itu guu memberikan
kepada salah satu murid tentang materi yang sedang dibahas guna mengetahui
apakah siswa sudah faham atau belum
e.
Selanjutnya para siswa melaksanakan
sholat Dhuha selama 15 menit (09:15-09:30)
3.
Istirahat 30 menit
a.
Saat waktu istrahat siswa
diperingatkan untuk jajan diluar karena dari pihak sekolah sudah menyediakan
snack sehinnga para siswa dapat lebih terkontrol.
4.
Dilanjutkan lagi kegiatan belajar
sampai jam 11:30
5.
Sholat dhuhur, setelah sholat dhuhur
siswa diberi makanan siang yang sudah disediakan oleh pihak sekolah.
6.
Kegiatan belajar sampe selesai
Disekolah
ini ketika KBM sudah selesai dari pihak sekolah mengadan kegiatan tambahan yang
bernama ....... jadi kegiatan sekolah belangsung sampai sore
Kegiatan
belajar mengajar ditutup dengan motivasi dari guru dan dilanjutkan dengan Do’a
dan memberi salam.
G. Deskripsi Proses
Pembelajaran
Menurut
hasil observasi yang dilakukan, saat proses pembelajaran berlangsung guru
menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Untuk menciptakan suasana yang
demikian, guru menjadikan suasana yang lebih santai atau informal. Menciptakan
suasana yang lebih santai dan informal dilakukan guru dengan cara menyapa
setiap murid yang mulai merasa bosan mengikuti pelajaran, Guru juga mampu
mendekatkan dirinya dengan peserta didik baik melalui pendekatan
multidisipliner dan pendekatan Interdisipliner. Kemudian ditambah lagi dengan
humor-humor ringan. Sehingga peserta didik lebih termotivasi untuk mengikuti
proses pembelajaran.
H. Wawancara
1.
Wawancara Guru
2.
Wawamcara Murid
Narasumber : Nana ( Ketua kelas)
Pewawancara : Latifatul Hidayah
·
Pertanyaan
a.
Apa manfaat ilmu agama dalam
kehidpan sehari-hari?
b.
Apa susah senangnya belajar agama?
c.
Apa itu Al-Qur’an?
d.
Mengapa memilih sekolah di
Al-Muhsin?
·
Jawaban
-
Ilmu agama sangat bermanfaat bagi kehidupan
sehari-hari apalagi untuk penanaman akhlakul karimah.
-
Seneng belajar agama soalnya tinggal
memahamkan aja karena dipondok sudah sedikit di ajarkan. Dan gak senengnya
mungkin kendala dari kelas ang tidak ada kipas angin jadi pada kepanasan dan
kurang konentrasi belajar.
-
Al Qur’an adala firman Allah yang
diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril untuk Umatnya.
-
Karena disekolah ini banyak mata
pelajaran agamanya.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan dan uraian yang telah disajikan terdahulu, maka berikut dikemukakan
kesimpulan observasi bahwa proses pembelajaran di Kelas X MI Al-Muhsin Krapyak
Yogyakarta berjalan dengan efektif dan kondusif. Hal ini dikarenakan guru
selalu mempertimbangan metode, model atau strategi yang tepat digunakan untuk
suatu materi pelajaran didalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik
tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu
metode pemecahan masalah. Proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan
disenangi oleh peserta didik.
DOKUMENTASI
Foto Bersama Guru Agama di depan
Kantor
Siwa Kelas 5 MI Al Muhsin
Kegiatan Sholat Dhuha di waktu
Istirahat
Sholat Dhuha kelas 5
Kegiatan Belajar
Wawancara dengan Guru Agama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar