Minggu, 27 September 2015

LAPORAN OBSERVASI MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA



Kata Pengantar
Assalamulaikum Wr.Wb.
Amin ya robbal alamin, segala Puji dan Syukur selalu tetap tercurahkan kepada-Nya, sehingga pada kesempatan kali ini kami dapat menyelesaikan laporan ini tanpa ada suatu halangan apapun. Tak hanya dukungan dari orang tua tetapi kepada dosen dan sahabat yang selalu mendorong saya hingga selesailah makalah ini.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya, sehingga kepada pembaca saya mohon maaf jika ada salah kata ataukah belum semaksimal yang diharapkan karena saya menyadari saya hanya manusia dan masih dalam tahab belajar. Namun, saya berharap kekurangan itu tetap akan bermanfaat bagi para pembaca dan menambah secarik ilmu yang akan bermanfaat bagi saya ataupun bagi pembaca “amin”.
Adapun tujuan observasi ini adalah sebagai salah satu agenda kegiatan yang harus ditempu dalam rangka menyelesaikan studi perkuliahan.
Karena kita tak mungkin ibarat bayi baru lahir dia bisa langsung berjalan, butuh proses dan waktu yang panjang yang kadang kala sering mengalami jatuh bangun yang amat sakit. Begitu pun saya yang masih tahap awal sebagai pembuat makalah yang nantinya akan menjadi syarat atas mata kuliah Sejarah peradaban Islam.
Demikian pengantar singkat dari saya, Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Bantul, 23 Mei 2015                         Penulis


                                                                                   

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam melakukan pembelajaran dalam bidang keagamaan setiap sekolah dasar pasty selalu menanamkan nilai-nilai agama apalagi sekolah dasar yang berbasis islami, pastilah mata pelajaran agama yang diajarkan juga lebih banyak. Disini seorang guru akan berperan penting dalam proses pembelajaran dimana setiap guru mempunyai metode masing-masing dalam mengajarkannya. Begitupun seorang siswa, setiap siswa mempunyai kemampuan masing-masing. Ada yang seorang murid itu mempunyai kemampuan yang sangat cepat mengkap pelajaran ada juga yang lambat. Pelajaran agama sangatlah penting karena tak hanya sebagai pedoman dasar bagi anak-anak tapi juga sebagai membentukan akhlak dimna pada masa ini umur anak yang masih dini cepat untuk menangkap sesuatu yang bisa dimnfaatkan sebagai bahan penanaman nilai-nilai agama.
Maka disini kami mahasiswa jurusan Pendididkan Agama Islam melakukan sebuah  observasi  yang merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik di Sd Al-Muhsin 1 untuk memenuhi tugas  mata kuliah Filsafat Ilmu. Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran. Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar kelak.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana proses pembelajaran di SMK.
2.      Bagaimana metode mengajar yang efektif.
3.      Bagaimana menjadi guru yang baik.

C.       Tujuan
1.      Mengetahui proses pembelajaran di SMK.
2.      Mengetahui metode dan strategi mengajar yang tepat.
3.      Mengetahui cara menjadi guru yang baik.

D.    Manfaat observasi
Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar diharapkan kita dapat memahami bagaimana cara mengajar yang benar dan mengaplikasikannya ketika kita menjadi guru dimasa yang akan datang.

E.       Metode
            Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan observasi adalah observasi langsung dan wawancara.


























BAB II
HASIL OBSERVASI

A.    Profil Sekolah
1.      Nama Sekolah                   : MI Al-Muhsin 1 Krapyak
2.      Alamat                              : Jl.Parangtritis KM 35 Krapyak Wetan, Tromol Pos
3.      Telp                                   : (0274)9317289
4.      Visi
Ungggul dalam Prestasi, Berjiwa Qurani, dan Berkepribadian Indonesia
Misi
a.       Mengoptimalkan KBM baik Intrakulikuler maupun Ekstrakuliluler.
b.      Menyelenggarakan Pendidikan  dan Latihan tentang Teknologi Informatika.
c.       Membiasakan diri untuk selalu berakhlakul karimah.
d.      Memberikan keteladanan dalam beribadah di Madrasah.
e.       Memberdayakan kegiatan yang bisa memberdayakan potensi Lokal.

5.      Tujuan Sekolah
a.       Tercapainilai rata-rata kelas minimal 75 untuksemuamatapelajaran
b.      Memilikisiswa yang mandiri,kreatif, berwawasanluas, berdayapikirdanbergayahidupsehat
c.       Memilikisiswakelas 4 hafaljuz 30 denganlancar
d.      dll
6.      Fasilitas Sekolah
a.       Ruang Kelas
b.      Masjid
·         Mukena, sajadah dan Sarung
c.       Lab.Komputer
·         Komputer dan Kipas Angin
·         Meja dan Kursi
d.      Ruang kantor
·         Meja, Kursi, Almari buku, Komputer, struktur sekolah, dan Buku-buku.
e.       Klinik Kesehatan
·         Tempat Tidur, obat-obatan, kamar Mandi dll
f.       Tempat Bermain
·         Lapangan, net voli dll
g.      Perpustakaan
·         Meja, Kursi, Rak Buku, Jam Dinding, dan Kipas Angin
h.      Mini Market
7.      Program Ektra
a.       Tahfidz Jus Amma
b.      Renang
c.       Qiroati
d.      Hadroh
e.       Informatika

B.     Observasi Guru
1.      Identitas Narasumber        : Bp.Sugiarto.S.Pd.I, M.Ag
2.      NIP                                   : -
3.      Tempat, tanggal lahir        :1976030520021202008
4.      Alamat                              : Semarang, 7 Maret 1976
5.      Guru                                  : Karang Anyar Utara No. 74 Semarang

C.     Pelaksanaan Observasi Kelas
1.      Tempat                              : MI Al-Muhsin 1 Krapyak
2.      Kelas                                 : Kelas V (lima)
3.      Jumlah Peserta Didik        : 15 siswa hadir
                                            1 siswa tidak hadir
4.      Waktu                               : 08:00-09:15 (45 menit)

D.    Fasilitas Kelas
White board, Meja, Kursi, tempat Sampah, Struktur Kelas, Kalender, Lemari, Jam Dinding, Peralatan ATK



E.     Struktur Kelas
Ketua                          : Nana
Wakil Ketua                : Riski
Sekertaris                    : Hilmi
Bendahara                   : Rahel
F.      Kegiatan Belajar
            Metode yang digunakan yaitu dimana guru menjelaskan tentang materi yang akan diberikan setelah itu guru memberikan waktu dimana murid bertanya dan guru juga memberikan pertanyaan sehingga guru mengetahui seorang murid sudah faham atau belum.
1.      Kegiatan Awal
a.      Kegiatan diawaling dengan berdo’a
b.      Setelah itu setiap siswa diwajibkan membaca asmaul husna dikelas sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
c.      Pembacaan Asmaul Husna dipimpin oleh Ketua Kelas
d.     Kegiatan berlangsung selama 30 menit (07:00-07:30)
2.      Kegiatan pembelajaran
a.      Sesudah asmaul husna kegiatan belajar yang diberikan berupa dua mata pelajaran dari jam 07:30-09:15
b.      Sebelumnya para siswa dan guru melakukan persiapan sebelum KBM seperti menyapu dan merapikan buku-buku.
c.      Guru mengkondisikan murid.
d.     Selanjutnya guru menjelaskan marri yang sedang belansung dan sesekali murid bertanya, selain itu guu memberikan kepada salah satu murid tentang materi yang sedang dibahas guna mengetahui apakah siswa sudah faham atau belum
e.      Selanjutnya para siswa melaksanakan sholat Dhuha selama 15 menit (09:15-09:30)
3.      Istirahat 30 menit
a.      Saat waktu istrahat siswa diperingatkan untuk jajan diluar karena dari pihak sekolah sudah menyediakan snack sehinnga para siswa dapat lebih terkontrol.
4.      Dilanjutkan lagi kegiatan belajar sampai jam 11:30
5.      Sholat dhuhur, setelah sholat dhuhur siswa diberi makanan siang yang sudah disediakan oleh pihak sekolah.
6.      Kegiatan belajar sampe selesai
      Disekolah ini ketika KBM sudah selesai dari pihak sekolah mengadan kegiatan tambahan yang bernama ....... jadi kegiatan sekolah belangsung sampai sore
      Kegiatan belajar mengajar ditutup dengan motivasi dari guru dan dilanjutkan dengan Do’a dan memberi salam.
G.    Deskripsi Proses Pembelajaran
Menurut hasil observasi yang dilakukan, saat proses pembelajaran berlangsung guru menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Untuk menciptakan suasana yang demikian, guru menjadikan suasana yang lebih santai atau informal. Menciptakan suasana yang lebih santai dan informal dilakukan guru dengan cara menyapa setiap murid yang mulai merasa bosan mengikuti pelajaran, Guru juga mampu mendekatkan dirinya dengan peserta didik baik melalui pendekatan multidisipliner dan pendekatan Interdisipliner. Kemudian ditambah lagi dengan humor-humor ringan. Sehingga peserta didik lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.
H.    Wawancara
1.      Wawancara Guru
2.      Wawamcara Murid
Narasumber           : Nana ( Ketua kelas)
Pewawancara        : Latifatul Hidayah
·         Pertanyaan
a.      Apa manfaat ilmu agama dalam kehidpan sehari-hari?
b.      Apa susah senangnya belajar agama?
c.      Apa itu Al-Qur’an?
d.     Mengapa memilih sekolah di Al-Muhsin?
·         Jawaban
-          Ilmu agama sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari apalagi untuk penanaman akhlakul karimah.
-          Seneng belajar agama soalnya tinggal memahamkan aja karena dipondok sudah sedikit di ajarkan. Dan gak senengnya mungkin kendala dari kelas ang tidak ada kipas angin jadi pada kepanasan dan kurang konentrasi belajar.
-          Al Qur’an adala firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril untuk Umatnya.
-          Karena disekolah ini banyak mata pelajaran agamanya.





























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan uraian yang telah disajikan terdahulu, maka berikut dikemukakan kesimpulan observasi bahwa proses pembelajaran di Kelas X MI Al-Muhsin Krapyak Yogyakarta berjalan dengan efektif dan kondusif. Hal ini dikarenakan guru selalu mempertimbangan metode, model atau strategi yang tepat digunakan untuk suatu materi pelajaran didalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode pemecahan masalah. Proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan disenangi oleh peserta didik.























DOKUMENTASI

Foto Bersama Guru Agama di depan Kantor
 Siwa Kelas 5 MI Al Muhsin



Kegiatan Sholat Dhuha di waktu Istirahat
Sholat Dhuha kelas 5
Kegiatan Belajar
Wawancara dengan Guru Agama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar